Selasa, 02 Mei 2017

Soal UAS Pengantar Adm. Perkantoran BAB 4 XI.2 AKT/AP/PMS 2017

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN (C1.12)
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Penerapan Otomatisasi Dalam Administrasi Perkantoran
1.        Pada dasarnya otomatisasi perkantoran digunakan oleh semua personel kantor atau yang bekerja di kantor. Namun terdapat empat pengguna utama yang paling banyak menggunakannya, kecuali……….
a.    manajer
b.    profesional
c.    salesman door to door.
d.    sekretaris
e.    pegawai administrasi kantor
2.        Profesional merupakan orang yang bekerja sesuai dengan keahlian yang dimilikinya, seperti dokter, guru, dan sebagainya disebut……...
a.    manajer
b.    profesional.
c.    entrepreneur
d.    sekretaris
e.    pegawai administrasi kantor
3.        Berikut yang bukan merupakan pengguna utama otomatisasi kantor adalah……..
a.    manajer
b.    sekretaris
c.    staf administrasi kantor
d.    dokter
e.    entrepreneur.
4.        Jenis aplikasi otomatisasi kantor yang digunakan untuk membuat sebuah laporan dalam bentuk yang baik dan rapi adalah………
a.    e-mail
b.    word processing.
c.    voice mail
d.    faximile
e.    desktop publishing
5.        Orang yang bekerja dan dipercaya untuk membantu pimpinan untuk melaksanakan pekerjaan di bidang administrasi disebut…….
a.    manajer
b.    sekretaris.
c.    staf administrasi kantor
d.    professional
e.    staf administrasi
6.        Pegawai administrasi kantor merupakan karyawan yang bekerja di bidang administrasi secara umum atau mereka yang bekerja di bidang ketatausahaan sehingga sering juga disebut……..
a.    profesional
b.    pegawai administrasi kantor.
c.    sekretaris
d.    salesman
e.    manajer
7.        Pengolah kata merupakan penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen, baik yang ditik maupun dicetak dinamakan……….
a.    e-mail
b.    voice mail
c.    audio conference
d.    electronic calendaring
e.    word processing.
8.        Sarana kirim mengirim surat atau berita melalui jaringan computer yang memungkinkan para pengguna untuk mengirim dan menerima pesan-pesan disebut……...
a.    surat kawat
b.    surat kabar
c.    surat ekspedisi
d.    surat elektronik.
e.    surat tercatat
9.        Pengiriman pesan yang dilakukan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dinamakan………
a.    voice mail.
b.    e-mail
c.    g-mail
d.    audio converence
e.    faksimile
10.     Salah satu manfaat dari voice mail adalah………
a.    mengetahui jadwal kerja secara terperinci
b.    melakukan komunikasi melalui video dari tempat yang berbeda
c.    menghubungi kembali rekan bisnis yang telah meninggalkan pesan.
d.    membantu dalam membuat laporan dengan rapi
e.    mengetahui nomor penting relasi milik kompetitor
11.     Untuk menyimpan dan menyusun suatu agenda acara yang telah ditetapkan oleh manajer dengan menggunakan jaringan computer dinamakan………
a.    Kalender Harian
b.    Kalender Kerja
c.    Kalender Eelektronik.
d.    Kalender Tahunan
e.    Kalender Pendidikan
12.     Untuk mengirim surat kepada relasi yang berada di luar negeri, kita dapat menggunakan jenis aplikasi otomatisasi kantor, yaitu……..
a.    desktop publishing
b.    voice mail
c.    word processing
d.    faximile
e.    e-mail
13.     Peralatan khusus yang dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi dan membuat salinannya di ujung yang lain adalah…….
a.    voice mail
b.    word processing
c.    faximile.
d.    desktop publishing
e.    audio conference
14.     Berikut yang merupakan salah satu contoh penggunaan otomatisasi kantor adalah…….
a.    manajer meminta sekretaris untuk membuat jadwal.
b.    sekretaris mengirim informasi penting ke luar negeri menggunakan faksimile
c.    manajer dan staf mengadakan rapat di ruang video conference
d.    staf administrasi menggunakan kalkulator sebagai alat hitung
e.    manajer mengirim informasi kepada karyawan melalui memo
15.     Pengenal karakter secara optik untuk mengubah catatan-catatan kertas atau microform menjadi format digital untuk disimpan di dalam alat penyimpanan sekunder disebut……….
a.    video text
b.    word processing
c.    electronic calendaring
d.    image storage and retrieval.
e.    audio conference
16.     Salah satu keunggulan dari image storage and retrieval adalah……..
a.    pemeliharaan peralatannya mudah
b.    sistem yang praktis sehingga dapat dijalankan oleh siapa saja
c.    menyerap banyak tenaga kerja untuk mengoperasikan sistem
d.    tidak membutuhkan komputer karena bersifat audio
e.    dapat menyimpan dan menemukan kembali dokumen jika diperlukan.
17.     Pelayanan data melalui jaringan berupa tulisan alphanumeric dan grafis yang ditampilkan pada layar CRT, LCD, atau LED disebut……..
a.    desktop publishhing
b.    word processing
c.    voice mail
d.    video text
e.    e-mail
18.     Berikut yang bukan pelayanan data yang dapat dilakukan menggunakan videoteks adalah………
a.    jadwal kereta api
b.    jadwal pesawat terbang
c.    perkiraan cuaca
d.    infografik lalu lintas.
e.    nilai tukar mata uang
19.     Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio dengan orang-orang yang tersebar secara geografis dengan tujuan melaksanakan konferensi dinamakan……..
a.    Video Conference
b.    Audio Conference.
c.    Video Call
d.    Voice Call
e.    Audio Call
20.   Penggunaan peralatan televisi yang mengirim dan menerima signal audio dan video untuk menghubungkan para peserta konferensi yang tersebar secara geografis disebut……..
a.    Video Call
b.    Voice Call
c.    Audio Call
d.    Video Conference.
e.    Audio Conference
21.     Salah satu kelebihan menggunakan video conference adalah……..
a.    tidak membutuhkan komputer atau layar
b.    tidak memerlukan biaya perawatan
c.    jaringan terkoneksi otomatis dengan seluruh karyawan
d.    data yang bersifat rahasia dapat tersimpan dengan aman
e.    dapat melihat dan mendengar orang lain yang berada di lokasi berbeda.
22.     Salah satu bentuk konfigurasi yang umum digunakan dalam video conference adalah………
a.    video satu arah dan audio satu arah.
b.    video dua arah dan audio satu arah
c.    audio satu arah dan video tiga arah
d.    audio dua arah dan video empat arah
e.    tidak membutuhkan konfigurasi
23.     Berikut yang bukan kegunaan dari desktop publishing adalah……..
a.    membuat grafik
b.    membuat materi promosi
c.    meningkatkan oplah penjualan.
d.    digunakan dalam penerbitan buku
e.    digunakan dalam me-layout halaman
24.     Penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi dalam output tercetak yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetting dinamakan…….
a.    image storage and retrieval
b.    video conference
c.    audio conference
d.    desktop publishing (DTP).
e.    electronic calendaring
25.     Kantor virtual mulai muncul sekitar tahun………
a.    50-an
b.    60-an
c.    70-an.
d.    80-an
e.    90-an
26.     Office virtual disebut juga sebagai kantor……..
a.    Maya.
b.    konvensional
c.    tradisional
d.    permanen
e.    nomaden
27.     Salah satu kekurangan kantor virtual adalah……….
a.    efisiensi biaya
b.    efisiensi waktu
c.    jumlah karyawan terlalu banyak
d.    interaksi sosial kurang.
e.    semangat kerja yang tidak stabil
28.     Otomatisasi kantor memungkinkan pengguna dapat melaksanakan pekerjaan kantor di lokasi mana saja selama lokasi tersebut memiliki PC, Laptop atau Smartphone yang terhubung dengan internet. Kantor jenis ini disebut dengan……….
a.    Branch Office
b.    Post Office
c.    Central Office
d.    Microsoft Office
e.    Virtual Office.
29.     Kelebihan dari kantor virtual adalah sebagai berikut, kecuali..……..
a.    efisiensi waktu
b.    efisiensi tempat
c.    efisiensi biaya
d.    jaringan komunikasi formal
e.    rendahnya semangat kerja.
30.     Salah satu kekurangan dari jenis kantor virtual adalah………
a.    kurangnya rasa memiliki.
b.    efisiensi waktu
c.    efisiensi tempat
d.    efisiensi biaya
e.    jaringan komunikasi formal

1 komentar:

  1. Makasih banget yaaa, kebetulan lagi buru buru buat bahan ulangan beberapa jam lagi:( sangat sangat sangat membantu 😄

    BalasHapus